Statistik Pengunjung

  • Pengunjung: 113116
  • Online: 2
  • Hari ini: 25

Profil

Perda Kabupaten Bantul Nomor 36 Tahun 2000 tentang Pembentukan dan Organisasi Kantor Arsip Kabupaten Bantul
Keputusan Bupati Bantul Nomor 144 Tahun 2001 tentang Penjabaran Tugas Pokok dan Fungsi Kantor Arsip Kabupaten Bantul

Kedudukan

Kantor Arsip merupakan pendukung penyelenggaraan pemerintah daerah yang dipimpin oleh seorang Kepala Kantor yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Tugas Pokok

Kantor Arsip mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah Bidang arsip dan dokumentasi.

Fungsi

  1. Penyusunan rencana dan program kebijaksanaan teknis di bidang kearsipan daerah berdasarkan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh Bupati sesuai perundang-undangan yang berlaku;
  2. pengumpul dan pengelola arsip inaktif daerah di lingkungan Pemerintah Daerah;
  3. pelaksanaan bimbingan kearsipan terhadap unit-unit kerja di lingkungan Pemerintah Daerah;
  4. pelaksanaan penilaian dan penyerahan arsip statis daerah sesuai perundang-undangan yang berlaku;
  5. pelaksanaan pelayanan kearsipan terhadap unit kerja di lingkungan Pemerintah Daerah;
  6. pengelolaan rumah tangga dan tata usaha kantor

Tujuan

  1. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi administrasi penyelenggaraan pemerintahan.
  2. Meningkatkan sistem keamanan dalam pengelolaan arsip
  3. Meningkatkan kualitas SDM bidang kearsipan.
  4. Meningkatkan kesadaran aparatur birokrasi,kalangan swasta dan masyarakat umum akan arti pentingnya arsip
  5. Mewujudkan perluasan khasanah arsip dalam rangka pelestarian dan pemanfaatan arsip sebagai sumber informasi.
  6. Mewujudkan arsip sebagai bahan pertanggungjawaban Nasional atas penyelenggaraan pemerintahan,pembangunan dan kemasyarakatan

Sasaran

  • Terwujudnya pelakasanaan sistem kearsipan di semua elemen dalam struktur pemerintahan.
  • Terwujudnya arti penting arsip sebagai sumber informasi.
  • Terselenggaranya akuisisi arsip yang bernilai guna dari lembaga-lembaga pemerintah dan perorangan.
  • Kebijakan

    1. Melakukan kerjasama dengan lembaga/instansi terkait
    2. Memberikan kesempatan dan peluang kepada para penyelenggara kearsipan dalam pengembangan bidang kearsipan.
    3. Apresiasi unsur pimpinan dalam rangka pelaksanaan dan pengwasan sistem kearsipan.
    4. Pengaturan analisa perhitungan satuan biaya.
    5. Desentralisasi penyediaan sarana dan prasarana.
    6. Pengaturan sistem jaringan informasi arsip
    7. Memberikan kesempatan yang adil untuk mengikuti pengembangan karir SDM.
    8. Melakukan kerjasama penyelenggaraan diklat.
    9. Memprioritaskan Dilklat teknis dan fungsional.
    10. Meningkatkan sosialisasi kearsipan.

    Program

    1. Peningkatan kaljian dan pengembangan kearsipan serta pengawasan kearsipan.
    2. Peningkatan sarana dan prasarana umum kearsipan dan pengolah jaringan informasi.
    3. Pengembangan SDM dan pemasyarakatan kearsipan.
    4. Penyelenggaraan akuisisi dan penilaian arsip konvensional.
    5. Penyelenggaran pengolahan dan pemanfaatan arsip konvensional.
    6. Penyelenggaraan,pelestarian,dan pengamanan arsip konvensional.
    7. Penyelenggaran pengolahan,pelestarian,dan pemanfaatan arsip media baru.

    Alamat Kantor

    Komplek Perkantoran Pemda Bantul II Manding
    Telepon (0274) 368302